Kamis, 19 Maret 2009

KALKULATOR BERSUARA UNTUK PENYANDANG TUNA NETRA BERBASIS MIKROKONTROLER AT90S2313

I Gede Sudiasa,ST

E-mail : sogol97@yahoo.com

Abstrak

Perkembangan teknologi dewasa ini sangat pesat. Akan tetapi perkembangan teknologi tersebut kebanyakan hanya diproduksi atau ditujukan untuk manusia normal saja yang berarti semua perangkat tersebut hanya dapat digunakan pada kondisi fisik yang normal. Sehingga bagi para penyandang cacat perkembangan teknologi tersebut seperti tidak ada gunanya. Ide dasar dari pembuatan kalkulator bersuara ini adalah bagaimana membuat sebuah kalkulator yang dapat menyuarakan suara sehingga dapat dimengerti oleh penyandang tuna netra. Untuk merancang alat yang dapat manghasilkan suara maka digunakan IC ISD2560. IC ini dapat merekam suara dengan durasi maksumum selama 60 detik. Tombol-tombol kalkulatornya dibuat dengan rangkaian keypad matriks 4 x 4 yang terdiri dari 16 tombol. Bagian pengandaliannya digunakan mikrokontroler AT90S2313, pemilihan mikrokontroler ini karena mikrokontroler ini berarsitektur RISC sehingga proses eksekusi programnya lebih cepat dibandingkan dengan mikrokontroler berarsitektur lain.

Kata kunci : ISD2560, AT90S2323, Keypad

7 komentar:

  1. pak minta bantuan programnya bisa pak? atau naskah tugas akhirnya saya boleh minta?

    BalasHapus
  2. bila berminat hubungi saya di 081904205529

    BalasHapus
  3. Spesifiaksi alat yang saya buat adalah sebagai berikut :

    1. Dapat melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan pengurangan, pembagian dan perkalian untuk bilangan bulat.

    2. Untuk operasi dengan menggunakan bilangan bulat hasil operasi yang dapat disuarakan maksimal 8 digit bilangan yaitu 99.999.999 (sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan. Jika hasil perhitungan lebih dari 8 digit maka kalkulator akan menyuarakan hasil tak terhingga.

    3. Pada operasi pembagian menghasilkan bilangan pecahan 4 angka dibekang koma, hasil maksimal yang dapat disuarakan adalah 9.999,9999 (sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh koma sembilan sembilan sembilan sembilan)
    spesifikasi diatas dapat dirubah atau ditambahkan dengan operasi aritmatika yang lain sesuai dengan permintaan

    BalasHapus
  4. mantap pak..
    jika aku minta mikro nya diganti atmega 8535 bisa gak ?

    BalasHapus
  5. bagaimana cara membuat program suaranya menggunakan atmega 16 dengan ISD 2590 dengan bahasa C mohon bantuannya karena saya membuat voltmeter bersuara terima kasih bapak...

    BalasHapus
  6. a'ak budi : bisa pak, menggunakan mikro apa saja bisa karena port control yg dibutuhkan untuk mengendalikan ISD cukup 6 pin saja

    Adi : mas saya belum begitu mahir manggunakan bahasa C saya biasanya menggunakan bahasa assembley

    BalasHapus